Jul 28, 2007

Terlalu Banyak Tidur Beresiko Kematian

Terlalu banyak tidur atau tidur lebih dari delapan jam sehari tak hanya akan membuat Anda dicap sebagai pemalas tapi juga bisa membuat Anda meninggal dengan cepat. Wah...!

Penelitian yang dilakukan oleh Institusi American Cancer Society ini melibatkan 1000 orang relawan dari beberapa negara bagian di Amerika, dan berhasil mengungkapkan bahwa orang yang tidur delapan jam sehari ternyata berisiko 12% meninggal lebih cepat. Risiko ini meningkat menjadi 17% pada orang-orang yang tidur sembilan jam sehari. Risiko kematian yang paling besar terjadi pada seseorang yang tidurnya mencapai sepuluh jam sehari, yaitu mencapai 34%.

Mengapa tidur lebih dari delapan jam sehari tidak dianjurkan? Profesor Daniel F. Kripke, salah seorang peneliti mengatakan bahwa terlalu banyak tidur sama seperti terlalu banyak makan. Tubuh tidak memerlukan lebih dari yang ia butuhkan, terlalu banyak tidur hanya akan membuat organ tubuh melemah. "Sebaiknya setiap orang mempunyai kebiasaan tidur 6,5 jam sehari, tapi harus tidur yang berkualitas. "Tak ada alasan untuk menambah jam tidur, tubuh akan memberitahu kita berapa banyak jam yang ia butuhkan untuk beristirahat, " ujar Prof. Daniel.

Jadi, merujuk pada penelitian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa tidur tujuh jam sehari adalah yang terbaik. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tubuh paling merasa nyaman jika hanya tidur selama tujuh jam. Tak masalah juga jika tidur kurang dari tujuh jam sehari. Misalkan, enam atau lima jam sehari.
"Tapi ingat, tidak baik bagi kesehatan apabila Anda terus menerus tidur kurang dari lima jam sehari dalam waktu yang cukup lama," ujar Prof. Daniel mengingatkan.

"Kalau selama ini Anda tidur lebih dari yang dibutuhkan oleh tubuh, maka mulai sekarang hilangkan kebiasaan tersebut. Tidurlah yang berkualitas dan yakinlah bahwa tidur selama tujuh jam sehari telah mencukupi dan membawa dampak yang positif bagi kesehatan Anda," ujarnya.

3 comments:

abdul ghofur on September 17, 2007 at 11:34 AM said...

wah, susah juga kalo kebanyakan tidur seperti saya.. hehehehehehe

Anonymous said...

y klo mhsiswa gni jm tidur g bs diatur... Jd gmn??

Adrie on March 24, 2010 at 1:36 AM said...

Kurang tidur juga beesiko kematian.

Post a Comment

This comment is moderated. Please don't OOT (Out Of Topic) and spam on this area!

 

Recent Comments

Shout Box


Free shoutbox @ ShoutMix

Follow My Blog

.:jembelisme media:. Copyright © 2009 Community is Designed by Free Blogger Template