Aug 8, 2007

ITS Bekali Mahasiswa Baru dengan ESQ

Memasuki masa perkuliahan tahun ajaran 2007, seperti tahun sebelumnya, ITS membekali mahasiswa baru (maba) dengan Training Emotional Spiritual Quotient (ESQ). ITS mengadakannya ESQ secara bergelombang, dimulai sejak Selasa (7/8) di Graha Sepuluh Nopember ITS.




Graha Sepuluh Nopember, ITS Online - Karena jumlah maba di ITS cukup besar, pelaksanaan Training ESQ yang bersifat wajib ini dibagi dalam lima gelombang. Masing-masing gelombang akan mengikuti training ESQ ini selama dua hari. Maba peserta Training ESQ ini adalah mereka yang muslim.

Hari ini (7/8) merupakan gelombang pertama. Rektor ITS Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD secara resmi membuka rangkaian kegiatan ESQ di Graha Sepuluh Nopember ITS. Training pada gelombang pertama diikuti sebanyak 608 mahasiswa yang berasal dari jalur PMDK Mandiri dan PMDK Kemitraan.

”Gelombang pertama ini kami dahulukan mahasiswa baru dari PMDK Mandiri dan Kemitraan, karena mereka sudah selesai melakukan daftar ulang,” jelas Ir Muchammad Husni Mkom, ketua pelaksana Training ESQ Mahasiswa Baru ITS 2007 saat ditemui Selasa (7/8).

Sementara gelombang II sampai V akan dilaksanakan mulai 9-16 Agustus secara bergiliran dan akan diikuti maba dari jalur PMDK Prestasi, PMDK Beasiswa, dan dari jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Pelaksanaan Training ESQ untuk maba ini merupakan tahun kedua dan angkatan ke-7 yang pernah dilaksanakan oleh ITS.

Menurut Husni, kewajiban mengikuti Training ESQ sejak dini bagi maba ini punya beberapa tujuan khusus. Antara lain, di samping mendapatkan ilmu duniawi, mahasiswa diharapkan mendapatkan ilmu spiritual agar menjadi manusia yang lebih berbudi nantinya. ”Untuk mencapai keberhasilan hidup tak hanya cukup mengandalkan ilmu duniawi yang kita dapat, tapi semuanya tentu juga ada campur tangan Tuhan,” ujar Pembantu Dekan III Fakultas Teknologi Informatika (FTIf) ITS ini mengingatkan.

Selain itu, imbuh Husni, kegiatan ini juga ditujukan agar mahasiswa ITS nantinya selalu didasari oleh nilai-nilai spiritual yang baik. ”Jadi mereka tidak akan menjadi orang yang takut pada seniornya, begitu pula nantinya tak akan berbuat semena-mena terhadap yuniornya baik dalam kuliah maupun bekerja,” papar Husni lagi.

Dalam Training ESQ yang berlangsung sejak pagi hingga petang itu, peserta diajak melakukan perenungan tentang penciptaan alam semesta oleh Tuhan. Selain itu juga diselipkan kalimat-kalimat dari ayat-ayat suci Alquran untuk mengingatkan selalu pada kebesaran Tuhan. Alhasil, sebagian besar peserta training tak mampu menahan air matanya selama proses perenungan yang dipandu oleh trainer dari Jakarta.

Rencananya, setelah dilakukan Training ESQ untuk maba ini, ITS juga akan menindaklanjuti dengan menggelar Renungan 165 sebagai resume dari Training ESQ selama dua hari, mulai 13 Agustus mendatang. Kegiatan ini ditujukan bagi para alumni Training ESQ di Graha Sepuluh Nopember ITS. ”Peserta cukup menunjukkan sertifikat atau kartu alumni ESQ sebagai bukti telah mengikuti training ESQ sebelumya,” kata Husni.

Sementara itu, untuk maba non-muslim yang tidak bisa mengikuti Training ESQ, juga tetap diwajibkan mengikuti training kepribadian mulai 15-16 Agustus mendatang. Pelaksanaan mengambil lokasi di Auditorium Pascasarjana dan Perpustakaan ITS lantai II. Mereka nantinya akan dikelompokkan sesuai agama masing-masing.(humas/asa)

disadur: www.its.ac.id



3 comments:

Anonymous said...

hai... komentar aku tentang blog kamu bagus kok karena aku g bs bkin he,,,he,,, gimana kul kamu? mkin jenius aja nih. apa sich resepnya? kasih tw donk. ya udah tu ja komen aku tentang blog kamu. kembangin truz . good luck bwt kuliahnya.

abdul ghofur on August 28, 2007 at 2:04 PM said...

Wah enak ya jadi mahasiswa ITS, dikasih bekal ESQ, gratis gak?!!

Kayaknya gratis ya! yeah jadi pengen kuliah lagi nih! enak ya jadi mahasiswa..

jual lingerie murah on August 21, 2012 at 3:11 PM said...

wah sangat bagus sekali demi kemajuan pendidikan indonesia.. semoga cara ini dapat di contoh oleh perguruan tinggi lainnya

Post a Comment

This comment is moderated. Please don't OOT (Out Of Topic) and spam on this area!

 

Recent Comments

Shout Box


Free shoutbox @ ShoutMix

Follow My Blog

.:jembelisme media:. Copyright © 2009 Community is Designed by Free Blogger Template